Orang Sukses Adalah Orang Yang Merangkak Dari Kemalaratan

Kamis, 08 November 2012

JALIN KEMITRAAN, KURANGI ANGKA KEMATIAN BAYI DALAM PERSALINAN


News Room, Sabtu ( 30/06 )
Peningkatan kemampuan tenaga kesehatan khususnya bidang yang ada di sejumlah desa di Kabupaten Sumenep perlu terus dilakukan evaluasi. hal itu dilakukan untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat dan mengurangi angka kematian bayi.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Sumenep, dr. Fathoni mengakui salah satu upaya peningkatan kemampuan bagi tenaga kesehatan, yakni dengan terus melakukan kemitraan dengan stake holder yang ada termasuk tokoh masyarakat dan dukun bayi yang ada di Desa-desa.

"Melalui kemitraan yang dilakukan petugas tersebut tidak berjalan sendiri-sendiri, dan setiap adanya kelahiran bayi dapat tertangani dengan baik,"ujarnya.

Sebab, berdasarkan upaya tersebut angka kematian bagi terus berkurang. karena dengan persalinan yang dilakukan secara benar akan mengurangi tingkat kematian bayi.

Bahkan, dlam hal kegiatan persalinan harus terus dilakukan pelatihan-pelatihan bersama dukun bayi, agar juga memiliki kemampuan dalam membantu persalinan.

Disampimg pendekatan dan sosialisasi kepada masyarakat perlu melibatkan perangkat desa dan tokoh masyarakat, sehingga kehadiran tenaga bidang bisa leboih diterima ditengah-tengah masyarakat. yakni, melalui bentuk sosialisasi dan koordinasi setiap kegiatan yang dilaksanakan di Desa. ( Ren, Esha )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar